04/03/10

kreatinin

GFR atau Glomerulus Fitration Rate, adalah angka yang menyatakan kecepatan glomerulus ginjal melakukan penyaringan cairan tubuh (darah). Glomerulus bertugas “mengeluarkan” air dan zat-zat buangan dari darah melalui ginjal, tetapi nanti sekitar 99% air dan zat-zat yang masih berguna akan diserap kembali oleh bagian ginjal yang lain yang disebut renal tubular, sisanya 1% yang dikeluarkan sebagai urin.
GFR karena merupakan elemen kecepatan dinyatakan dalam ml/menit atau liter/hari. Nilai GFR pada normal dewasa sekitar 125 ml/menit atau sekitar 180 liter per hari, dan jika 99% diserap kembali, artinya normalnya tubuh mengeluarkan urin sekitar 1,8 liter perhari. Kecepatan ginjal dalam menyaring darah berhubungan erat dengan tekanan darah, artinya jika tekanan darah tinggi, maka ginjal akan bekerja lebih keras, dan jika tekanan darah rendah, maka kecepatan ginjal menyaring pun lebih pelan. Jika banyak minum, maka banyak air yang masuk ke pembuluh darah, akibatnya volume darah menjadi meningkat, dan karena volume yang meningkat maka tekanannya pun meningkat, akibatnya ginjal bekerja dengan cepat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah dengan membuang cairan darah dan juga zat-zat yang tidak berguna melalui urin. Namun kerja ginjal terlalu berat, seperti halnya mesin, lama kelamaan ginjal juga bisa menjadi aus dan rusak.
Sedangkan Kreatinin adalah produk sampingan dari hasil pemecahan fosfokreatin (kreatin) di otot yang dibuang melalui ginjal. Pada pria, normalnya 0,6 – 1,2 mg/dl. Di atas rentang itu salah satunya mengindikasikan adanya gangguan fungsi ginjal.
http://mediasehat.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

oi